LISTING PROGRAM
Untuk
membuat program determinan ini pertama kita harus memanggil library dari fungsi-fungsi
yang akan kita butuhkan, deklarasikan nama class dengan memberi nama
pilih_program lalu buka kurung kurawal. Dan deklarasikan method. Selanjutnya
kita buat tipe data integer dengan nama a,b,c,d serta M1 dan M2 juga. Kita juga
input x dan y sebagai tipe data integer. Kemudian kita mencetak kalimat “Input
Matriks A: “ dengan perulangan for,
dimana integer x sama dengan 0 dan x kurang dari 2, buka kurung kurawal.
Perintah tersebut kita tuliskan kembali untuk y yang bertipe data integer.
Selanjutnya kita mencetak “Masukkan elemen Matriks A pada baris ke-“+(x+1)+”
kolom ke-“+(y+1))” yang digunakan untuk
menginput elemen pada matriks A untuk baris ke-.... dan kolom ke-......, kita ketik statement untuk menginput angka
yang berupa integer tersebut. Kita tutup dengan kurung kurawal.
LISTING PROGRAM
Selanjutnya,
kita ketik statement untuk menampilkannya ke layar monitor. Di listing
tersebut, bisa dilihat akan tercetak kalimat “DETERMINAN 2x2 “. Dan statement System.out.printIn(“matriks A”) digunakan untuk mencetak ke layar dari
Matriks A tersebut. Dengan menggunakan perulangan for ,dimana x dan y bertipe
data integer. X dan y sama dengan 0 ,dan nilainya lebih kecil dari 2. Lalu kita
tutup kurung kurawal. Selanjutnya untuk menghitung determinan, kita bisa
mengetik statement System.out.println("Determinannya= "+b); dimana nantinya akan tercetak tulisan dari
Determinan tersebut beserta hasilnya sesuai rumus di listing diatas.
LISTING PROGRAM
Di
listing diatas, kita ketik void det3 untuk determinan ketiga. Selanjutnya kita
mencetak kalimat “Input Matriks B: “. Dengan perulangan for, dimana i dan j
yang bertipe data integer. I dan j sama dengan 0 dan nilainya lebih kecil dari
3. Lalu kita akan mencetak ke layar monitor dengan kalimat “Masukkan elemen
matriks B pada baris ke-"+(i+1)+" kolom ke-"+(j+1)); yang digunakan untuk menginput elemen dari
Matriks B pada baris ke-..... dan kolom ke-......., dan kita ketikkan statement
untuk menginput nilai ke layar sesuai dengan listing diatas. Dan kita tutup
dengan tanda tutup kurung kurawal. Untuk determinan 3x3, kita bisa mencetak ke
layar dengan menggunakan statement System.out.printIn (“ DETERMINAN 3x3
“). Kemudian kita mencetak Matriks B
dengan masih menggunkan perulangan for, dimana i dan j bertipe data integer.
Dengan i dan j sama dengan 0 dan nilai lebih kecil dari 3. Dan kita akhiri
dengan tutup kurung kurawal. Bisa dilihat di listing program diatas. Untuk
menghitung determinan dari determinan 3x3 ini, kita bisa menggunakan rumus
sesuai listing tersebut. Dan kita juga mencetak hasilnya dengan statement
System.out.printIn (Determinannya= “+d) yang digunakan untuk memberi hasil
determinan dari rumus berdasar listing itu. Lalu tutup kurung kurawal.
LISTING PROGRAM
Jika
kita ingin keluar dari program ini, kita bisa mencetak statement
System.out.printIn(“Terima Kasih.. Selamat Datang Kembali”) yang akan tampil di
layar monitor sesudah kita keluar program. Dan jika kita ingin memberi menu di
program ini , kita bisa mengetik statement System.out.printIn(“SELAMAT DATANG
DI PROGRAM DETERMINAN”) ini akan tampil
pada saat kita memulai program dan akan tampil setelahnya menu pilihan
determinan. Pada menu pilihan ,kita bisa buat 3 menu dimana ada menu determinan
2x2, 3x3, dan EXIT dan kita hanya disuruh untuk memilih programnya. Ketikkan
statement System.out.println("1. 2X2\n2. 3X3\n3. EXIT\n Pilih
Programnya!!") dan ketik statement
input untuk memilih pilihan yang bertipe data integer. Untuk memilih det.2,
kita menggunakan case sesuai listing di atas, begitu juga dengan det.3 dan juga
exit. Jika kita input angka menu
pillihan yang tidak ada pada menu pilihan awal yang sudah dibuat, maka program
tidak dapat membacanya dan akan muncul tampilan “Anda Salah Pilih!!” , lalu
program diatas kita akhiri dengan tanda tutup kurung kurawal.
OUTPUT
No comments:
Post a Comment